22 Oktober 2009

Training Safty Riding Berkendara Sepeda Motor

Hari Sabtu kemarin mengikuti training Safety Riding yang diadakan oleh perusahaan bekerjasama dengan Team Safety Riding dari AHASS. Pada pelatihan ini terdiri dari empat sesi :
1. Teori
Pada sesi ini diberikan penjelasan singkat mengenai profil PT. AHM dan juga jalur distribusinya serta di jelaskan juga tentang cara berkendara yang aman.
2. Praktek Pertama
Pada sesi Praktek Pertama dilakukan praktek pengereman sepeda motor yang baik dan benar serta aman pada kecepatan 40 - 50 km/jam. Pada praktek ini sering terjadi kesalahan teknik pengeraman yaitu terjadi penguncian (locking) pada ban, baik itu ban belakang atau ban depan.
3. Praktek Kedua
Pada sesi Praktek kedua dilakukan praktek keseimbangan dengan postur tubuh yang benar dan cara pengendalian sepeda motor yang tepat serta postur tubuh pada jalan bergelombang. Pada Praktek ini masih banyak ditemui kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dan bila ada di jalan raya tentu akan mebahayakan. Beberapa contoh kesalahan yang sering dilakukan adalah kaki sering melebar keluar terkadang kaki dijulurkan serta meliuk-liukkan badan.
4. Praktek Keempat
Pada praktek keempat dilakukan pelatihan jalan zig-zag denga pembatas. Pada sesi ini pun terjadi banyak kesalahan mulai dari cara pengendalian gas dan rem yang tidak seimbang sampai dengan posisi tubuh yang salah.

Berikut gue lampirin modul tentang safety riding atau download di sini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar